Bila Ingin Ginjal Anda Tetap Sehat, Buang Jauh-jauh 4 Kebiasaan Ini Mulai Dari Sekarang Sebelum Menyesal

Ginjal akan mëmbuang air yang bërlëbih pada tubuh. Sëlain itu, ginjal juga mëmbantu mënahan air saat tubuh mëmbutuhkan makin banyak air. Këtika ginjal mëngalami përmasalahan, maka ginjal tidak dapat mënjalankan fungsinya dëngan baik.

Makanan mëmpunyai ëfëk bësar pada kësëhatan ginjal sëpërti jauhi makanan bërpëngawët, makanan olahan sëpërti sosis dan makanan yang lain. Sëdangkan makanan yang disarankan adalah kubis, këmbang kol, bawang putih, apël dan lain sëbagainya.

Tidak hanya makanan, gaya hidup dan rutinitas sëhari-hari juga miliki dampak pada kësëhatan ginjal kita. ada banyak këbiasaan yang dapat mënyëbabkan rusaknya ginjal.

Bërikut 4 këbiasaan yang përlu anda jauhi agar ginjal sëlalu sëhat

1. Makan tërlalu banyak garam

Makan tërlalu banyak garam dapat mëngakibatkan rusaknya ginjal. Ginjal mëtabolismë 95 përsën yakni natrium yang dikonsumsi mëlalui makanan.  Waktu anda mëngkonsumi garam yang bërlëbihan, ginjal akan bërusaha këras untuk këluarkan garam tërsëbut.

Hal ini yang sëlanjutnya akan mënurunkan këkuatan ginjal sëhingga mëngakibatkan rëtënsi air. Rëtënsi air mënyëbabkan tëkanan darah yang këmudian mënyëbabkan pada gagal ginjal.

2. Mënahan kėncíng kurun saat yang lama

Mënahan kėncíng sangat tidak baik untuk kësëhatan ginjal. Kandung kėmíh yang pënuh dalam waktu yang cukup lama dapat mënyëbabkan rusaknya ginjal. Këtika urínė bërada di dalam kandung kėmíh dalam waktu yang lama mëngakibatkan baktëri bërkëmbang biak di dalam urínė.

Hal tërsëbut akan mëngakibatkan infëksi saluran kėmíh atau infëksi ginjal. Sëlain itu mënahan kėncíng dapat mëngakibatkan tëkanan pada ginjal yang akhirnya mënyëbabkan gagal ginjal dan inkontinënsia.

3. Pënggunaan obat përëda nyëri

Pënggunaan obat përëda nyëri juga tidak baik untuk kësëhatan ginjal. analgësik atau obat përëda nyëri dapat mënyëbabkan kërusakan pada ginjal. analgësik akan mëngurangi darah yang mëngalir kë ginjal dan jadi mëmpërburuk manfaat ginjal.

Pëmakaikan obat nyëri dalam waktu panjang akan mëngakibatkan gagal ginjal akut atau pënyakit ginjal kritis yang dikënal sëbagai nëfritis intërtisial kornis.

4. Kurang minum air putih

Minum air putih adalah langkah tërbaik untuk mënghindari tubuh kita dari dëhidrasi. Këtika tubuh mëngalami dëhidarsi, banyak sël di tubuh kita yang akan mati. Dëmikian juga dëngan ginjal, këtika tubuh këkurangan cairan, ginjal pun akan tërganggu.

Kita disarankan untuk minum air putih sëbanayak 8 gëlas dalam sëhari, untuk orang dëwasa dianjurkan 10 sampai 12 gëlas dalam sëhari.

Dëmikianlah pokok bahasan Artikël ini yang dapat kami paparkan, Bësar harapan kami Artikël ini dapat bërmanfaat untuk kalangan banyak. Karëna këtërbatasan pëngëtahuan dan rëfërënsi, Pënulis mënyadari Artikël ini masih jauh dari sëmpurna, Olëh karëna itu saran dan kritik yang mëmbangun sangat diharapkan agar Artikël ini dapat disusun mënjadi lëbih baik lagi dimasa yang akan datang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel